Penelitian

  1. Model Bio-Sosio-Ekonomi Pengelolaan Lobster (2017-2019)

Lobster (Panulirus spp.) merupakan salah satu komoditas ikan ekonomis penting di banyak Negara, termasuk di Indonesia.  Di pantai selatan Jawa, terutama Daerah Istimewa Yogyakarta, lobster menjadi mata pencaharian utama nelayan dan menunjukkan sebagai faktor kunci perubahan sosial, dari petani menjadi nelayan sejak awal 1980-an. Nilai ekonomi yang tinggi memicu usaha penangkapan intensif dan menyebabkan menurunnya populasi lobster, sehingga pemerintah mengeluarkan regulasi pelarangan penangkapan dan pemasaran lobster pada ukuran tertentu. Model pengelolaan lobster perlu dikembangkan secara bertanggungjawab untuk menjamin keberlanjutan sumberdaya dan mata pencaharian nelayan.

Penelitian ini memiliki sasaran yaitu mengembangkan model pengelolaan lobster yang bertanggungjawab melalui dua pendekatan: model (1) bio-sosio-ekonomi pemanfaatan lobster sebagai dasar untuk regulasi eksploitasi lobster, dan (2) penilaian dan ujicoba domestikasi lobster melalui budidaya pembesaran lobster, ranching dan pengembangan hatchery. Penelitian dilakukan di Pantai Selatan Jawa (Pansela) yang meliputi sentra perikanan lobster di Pansela DIY, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk menjawab sasaran pertama dan dilakukan dalam tiga tahap, dan pada tahap pertama penelitian ini bertujuan untuk: menentukan aspek biologi lobster meliputi: keragaman spesies dan genetik, distribusi dan hubungan panjang-berat, rasio jenis kelamin, tahap kedewasaan dan potensi reproduksi. Pada tahap selanjutnya penelitian mengidentifikasi aspek teknis dan ekonomi perikanan lobster meliputi: musim, armada penangkapan ikan, nelayan, dan ekonomi serta regulasi usaha penangkapan losbter.

Berdasarkan data dua tahun pertama, model pengelolaan sumber daya lobster dikembangkan melalui diskusi kelompok terfokus dengan pemangku kepentingan di lokasi penelitian. Pada akhirnya, penelitian ini dapat menghasilkan model dan draf kajian akademis terkait kebijakan pengelolaan lobster yang bertanggungjawab. Sebagian dari hasil penelitian ini telah dipublikasi, termasuk masukan untuk kebijakan lobster dan sebagian lain sedang dalam proses publikasi.  Silakan cek salah satu publikasi kami disini dan masukan kami terkait kebijakan lobster di akhir tahun 2019 di Policy brief lobster serta materi presentasi yang kami sampaikaan dalam beberapa forum, seperti Seminar Lobster Unila.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *